YouTube


iTunesArtwork@2xPengguna Internet saat ini nyaris tak ada yang tidak kenal YouTube. Website berbagi video itu sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari pengalaman online. Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim adalah tiga serangkai dibalik YouTube. Mereka bekerja di perusahaan pembayaran online, PayPal, sebelum diakuisisi oleh eBay. Sekitar tahun 2002, seperti banyak pemuda di Silicon Valley, ketiganya gatal untuk membuat sesuatu milik mereka sendiri.

Akibatnya, trio tersebut kerap membicarakan ide-ide bisnis yang bisa dilakukan. Dari entah berapa lusin ide yang sempat tercetus, satu yang akhirnya mereka kejar adalah mengenai unggah video di Internet.

Hurley, Chen, dan Karim mulai membuat YouTube pada tanggal 14 Februari 2005 di sebuah garasi, diawali dengan membuat konsep sebuah website. Pada awalnya website yang dibuat hanya menjadi tempat untuk mengunggah dan menonton video. Video pertama yang diunggah dilakukan pada April 2005. Video tersebut menampilkan Jawed Karim, salh satu pendiri YouTube, sedang berada di depan kandang gajah di kebun binatang.

Saat itu, tak banyak pengguna lain yang tahu soal YouTube. Ketiganya pun hanya melakukan kampanye gerilya dari teman ke teman.  Mereka juga mengirimkan e-mail ke teman-teman dan berharap teman-teman itu memberi tau teman yang lainnya yang akan memberi tahu pada teman lainnya lagi dan begitu seterusnya.

Sebenarnya mereka sudah berusaha mendekati media massa untuk mempromosikan YouTube. Namun, belum ada yang tertarik. YouTube pun nampak stagnan dan tidak menjadi sensasi seperti yang diharapkan.

Tak menanjaknya website yang mereka buat sempat menjadikan trio ini frustasi. Bayang-bayang kemakmuran dan sukses yang seakan sudah di depan mata pun buyar. Belakangan, diakhir 2010, ada sebuah formula yang menyebutkan bahwa sebuah website bisa sukses dengan mengandalkan tiga C. Tiga C itu adalah Content, Community, dan Commerce. Formula itu diambil dari suksesnya banyak website di dunia. Nah, YouTube sebagai salah satu website yang sukses memiliki kekuatan pada dua tingkat C di atas. YouTube memiliki Community dan Content.

Awalnya, para pendiri YouTube tak terlalu mengerti akan kekuatan 2C yang mereka miliki. Chen dan Karim sebagai engineer, serta Hurley sebagai desainer, yang mereka pikirkan waktu itu hanyalah cara membuat layanan mengunggah dan menonton video yang simpel dan bisaa diakses oleh semua orang.

Produk yang mereka hasilkan memang cukup menarik. Berbekal teknologi Flash Video, YouTube memngkinkan pengguna internet menonton video tanpa perlu khawatir dengan codec dan berbagai masalah teknis lain.

Pada Juni 2010, YouTube melakukan perubahan mendasar. Pertama, mereka membuat fitur Related Videos yang membuat pengguna bisa betah melihat lebih banyak video. Kedua, mereka memperbaiki fitur share sehingga pengguna mudah memberi tahu temannya tentang video di YouTube lewat e-mail. Fitur berikutnya adalah unsur sosial yang memungkinkan komunitas pengguna YouTube saling berinteraksi di website tersebut.

Ada satu lagi fitur yang berperan besar dalam melesatkan YouTube, yaitu External Player. YouTube menyediakan kemampuan bagi pengguna untuk menempatkan video di mana pun.

Source : http://chip.co.id/news/read/2011/02/07/243424/Chad.Hurley,.Steven.Chen,.dan.Jawed.Karim.Tiga.Serangkai.Pendiri.YouTube

Tag:, , , , , ,

About SMK Widya Karya Balai Jaya

Bersama Menuju Masa Depan Kita Bisa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan kecil hendri

Blog ini akan segera di hapus , kunjungi website baru kami di http://hendri.wc.lt

Irfan Handi

Hanya Ingin Berbagi

KKPI SMK Gondang

Menuju Perubahan Yang Lebih Baik

:: tukangcoret ::

Mencoret Lebih Mulia Dari Pada Melamun

Jhonwilson's Tambunan

Just another WordPress.com site

Panduan Tidak Resmi Wordpress.com

Ini dibuat untuk membantu blogger pemula di wordpress.com

CrCn Blogs

Education, News, Politics, download, Tips & Tricks, Other

Akimlinovsisa's W.P

"Bekerja cerdaslah daripada bekerja keras" "Senjata yang paling ampuh dalam hidup ini adalah SOPAN SANTUN"

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: