Christopher Latham Sholes


Christopher Latham SholesChristopher Latham Sholes (14 Februari 1819-17 Februari 1890) adalah seorang Amerika, penemu mesin tik dan keyboard QWERTY yang masih digunakan sampai sekarang. Mesin tik telah diciptakan sejak tahun 1714 oleh Henry Mill dan diciptakan kembali dalam berbagai bentuk sepanjang tahun 1800-an. Namun, mesin tik ciptaan Sholes merupakan yang pertama sukses secara komersial.

Pada tahun 1837, Sholes bekerja sebagai editor koran di Wisconsin. Menyusul terjadinya pemogokan oleh penyusun di perusahaannya, ia mencoba untuk membuat sebuah mesin untuk mengatur cetakan, namun gagal dan ia egera meninggalkan ide tersebut. Tujuan awalnya adalah menciptakan sebuah mesin untuk mencetak nomor halaman pada buku, tiket, dan sebagainya. Ia memulai pekerjaannya di toko mesin Kleinsteubers di Milwaukee, bekerja dengan sesama juru ketik bernama Samuel W. Soule. Mereka mematenkan mesin penomoran pada tanggal 13 November 1866.250px-Sholes_typewriter

Sholes dan Soule menunjukkan mesin mereka kepada Carlos Glidden, seorang pengacara dan penemu amatir, yang  mengusulkan ide untuk mengembangkan mesin agar dapat mencetak huruf. Akhirnya, model pertama yang dibangun oleh trio tersebut berupa mesin tik dengan keyboard menyerupai piano, dimana terdapat tuts hitam dan putih yang disusun dalam dua baris serta susunan hurufnya dibuat urut berdasarkan abjad latin. Dengan susunan huruf itu, memungkinkan kita mengetik dengan cepat. Namun sering menimbulkan masalah karena batang-batang huruf (slug) yang menghentak pita tinta saling berkait (jamming). Atas saran rekan bisnisnya, James Densmore, Sholes mencari susunan huruf yang lain agar tidak terjadi jamming lagi.

Sepanjang tahun 1870-an, Sholes melakukan perbaikan terhadap mesin tiknya. karena bingung memikirkan solusinya, Sholes jusru mengacak-acak susunan itu sedemikian rupa, sehingga membentuk susunan huruf yang dianggap paling sulit untuk mengetik, dengan tujuan agar tidak terjadi jamming, dan terciptalah suatu susunan QWERTY. Akhirnya susunan QWERTY inilah yang diaplikasikan pada keyboard sebagai input komputer dan pada tahun 1973 diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standard Organization).

Semoga Bermanfaat🙂

Source : http://en.wikipedia.org/wiki/Christopher_Latham_Sholes

Tag:, , ,

About SMK Widya Karya Balai Jaya

Bersama Menuju Masa Depan Kita Bisa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan kecil hendri

Blog ini akan segera di hapus , kunjungi website baru kami di http://hendri.wc.lt

Irfan Handi

Hanya Ingin Berbagi

KKPI SMK Gondang

Menuju Perubahan Yang Lebih Baik

:: tukangcoret ::

Mencoret Lebih Mulia Dari Pada Melamun

Jhonwilson's Tambunan

Just another WordPress.com site

Panduan Tidak Resmi Wordpress.com

Ini dibuat untuk membantu blogger pemula di wordpress.com

CrCn Blogs

Education, News, Politics, download, Tips & Tricks, Other

Akimlinovsisa's W.P

"Bekerja cerdaslah daripada bekerja keras" "Senjata yang paling ampuh dalam hidup ini adalah SOPAN SANTUN"

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: