VoIP


voipPada tahun 1997, VoIP (Voice Internet Protocol) masih tergolong jenis telekomunikasi yang mahal. Hal karena tarif internet yang masih mahal pada saat itu. Namun, ketika tarif internet sudah “merakyat” seperti saat ini, VoIP mulai diminati orang banyak.

VoIP adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Cara kerja yang digunakan VoIP mirip dengan cara kerja telepon biasa, namun VoIP menggunakan sebuah DSP (Digital Signal Processor) yang berfungsi untuk mengubah suara yang ditangkap oleh mikrofon (analog) menjadi suara dalam bentuk digital. Data suara yang sudah diubah dalam bentuk digital akan langsung dihantarkan dalam bentuk paket data melalui internet.

Bentuk paling sederhana untuk berkomunikasi dengan sistem VoIP adalah dua buah komputer yang terhubung melalui jaringan internet. Selain komputer, Anda juga harus memiliki Sound Card yang dihubungkan dengan speaker dan mikrofon. Setelah semua hal di atas tersedia, Anda dapat saling terhubung satu dengan lainnya dalam koneksi VoIP melalui software khusus. Bentuk hubungan yang terjadi bisa dalam bentuk pertukaran file, komunikasi suara, gambar, bahkan video call apabila komputer Anda dilengkapi webcam.

Penekanan utama VoIP adalah kemudahan dalam berkomunikasi suara secara realtime melalui internet. Jika kedua pengguna saling terhubung melalui internet dan berada pada jarak yang saling berjauhan (antarkota dan antarnegara), Anda akan mendapatkan keuntungan dari segi biaya yang dikeluarkan. Dengan hanya membayar biaya internet yang biasanya akan lebih murah daripada tarif telepon SLJJ (Sambungan Langsung Jarak Jauh) atau SLI (Sambungan Langsung International), kedua pihak dapat saling berkomunikasi tanpa terbatas jarak.

Seiring perkembangan zaman, cara berkomunikasi dengan VoIP mengalami evolusi. Peralatan yang dibutuhkan tidak hanya berbentuk komputer yang memiliki koneksi internet saja, tetapi peralatan lain, seperti IP phone, handphone (yang memiliki fitur SIP) dan pesawat telepon biasa (analog). Khusus pesawat telepon biasa (analog) harus menggunakan ATA (Analog Telephone Adapter). Fungsi ATA ini adalah mengubah suara yang diterima mikrofon telepon analog menjadi suara dalam format digital.

Keuntungan VoIP

  1. Biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan PSTN untuk sambungan langsung jarak jauh apabila kedua pihak memiliki jaringan internet yang memadai.
  2. Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna untuk perusahaan yang sudah memiliki jaringan internet dan jika memungkinkan, jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah tanpa perlu tambahan biaya bulanan untuk penambahan jalur komunikasi suara.
  3. Penggunaan Bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa.

Source : http:// http://www.chip.co..id/new/read/2010/12/31/57424/komunikasi.Murah.Meriah

 

Tag:, , , , , ,

About SMK Widya Karya Balai Jaya

Bersama Menuju Masa Depan Kita Bisa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan kecil hendri

Blog ini akan segera di hapus , kunjungi website baru kami di http://hendri.wc.lt

Irfan Handi

Hanya Ingin Berbagi

KKPI SMK Gondang

Menuju Perubahan Yang Lebih Baik

:: tukangcoret ::

Mencoret Lebih Mulia Dari Pada Melamun

Jhonwilson's Tambunan

Just another WordPress.com site

Panduan Tidak Resmi Wordpress.com

Ini dibuat untuk membantu blogger pemula di wordpress.com

CrCn Blogs

Education, News, Politics, download, Tips & Tricks, Other

Akimlinovsisa's W.P

"Bekerja cerdaslah daripada bekerja keras" "Senjata yang paling ampuh dalam hidup ini adalah SOPAN SANTUN"

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: