Bakat Menulis (ST)


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh…,

Menulis…Menulis…dan Menulis…

Yaaahcc…, tak bosan-bosannya Saya mengangkat Topik ini. Kenapa begitu ???

Para pengunjung Blog SMK Widya Karya yang pinter n cakep, saya yakin dan percaya bahwa kamu semua pasti punya bakat ini. Ya.. benar sekali. Kamu semua pasti memiliki bakat menulis, terlepas dari bakat menulis kamu tersebut baik, sangat baik atau bahkan kurang baik. Dalam artian mungkin kamu sudah baik dalam menulis atau malah sebaliknya.

Bagi seorang pemula, memulai untuk menulis merupakan hal yang sangat sulit. Namun kalau menulis surat, chatting dengan pacar dengan sahabat atau yang lainnya mengapa bisa kita lakukan dengan lancar bahkan hasilnya bisa sampai berlembar-lembar ?

Artinya, sebenarnya semua orang memiliki bakat menulis, hanya saja perlu berlatih dan meningkatkan keterampilan menulis untuk berbagai kebutuhan.

Kebiasaan menulis ibarat menciptakan suatu kebiasaan baru. Mungkin bagi sebahagian orang yang tidak biasa merokok, apabila mereka tiap hari menghisap satu batang rokok dapat dipastikan dalam tempo satu bulan mereka sudah menjadi seorang perokok. Demikian juga menulis. Artinya, kamu juga bisa menulis apabila kamu sudah membiasakan diri untuk menulis.

Allah berfirman dalam Q.S.92:4, “Sesungguhnya usaha kamu memang berbeda-beda”. Talenta (bakat) telah diberikan Allah. Hal yang perlu kita lakukan adalah menemukan dan mengembangkan bakat tersebut sepanjang kisah hidup manusia. Bakat hanya merupakan syarat perlu, tetapi belum mencukupi (necessary, but not sufficient condition) untuk dapat menulis.

Lebih baik mari sama-sama kita gunakan sedikit waktu kita untuk menulis. Daripada membuang-buang waktu percuma. Banyak yang sering berkata, “Aku nggak ada waktu !!!”, seakan-akan mereka di dalam sebuah kesibukan yang sangat bermanfaat…, akan tetapi kenyataannya ternyata masih banyak waktu kosong   mereka. Di lain pihak, banyak pula yang ingin “Membunuh waktu…” karena waktu mereka yang sangat terbuang-buang.., mereka bingung mau diapain waktu tersebut..??!!

Sungguh aneh jika seseorang merasa “Nggak ada waktu…!! terlalu sibuk !! ” untuk bisa menulis setiap hari seperempat atau setengah jam Akan tetapi,  ternyata waktunya sangat luang –bahkan bisa berjam-jam- untuk main games online atau facebookan…atau ketawa-ketiwi untuk ber BBM dengan para sahabat…para group??!!

Jadi cobalah gali bakat menulismu. Pasti lambat laun kamu akan menemukannya. Suatu saat nanti kamu pasti bisa merasakan banyak manfaat.

Adanya bakat akan membuat seorang calon penulis lebih mudah dalam menyerap teori-teori penulisan. Memang, learning curveyang akan dilalui seorang pemula berbakat akan lebih cepat daripada mereka yang tidak punya bakat sama sekali. Namun survey membuktikan bahwa bakat saja tidak cukup. Banyak teman yang memiliki bakat menulis yang luar biasa, namun tulisan mereka tidak pernah dipublikasikan.

Disinilah pentingnya menumbuhkan motivasi menulis yang tinggi. Ada beberapa hal yang dapat memupuk motivasi dalam menulis:

Pertama : memposisikan bahwa menulis merupakan bagian dari ibadah. Jika motivasi menulis atau menjadi penulis adalah ibadah, insya Allah kegiatan menulis tersebut akan berlangsung terus. Dengan memposisikan kegiatan menulis sebagai ibadah, ketika kegiatan menulis tersebut tidak dijalankan, sama artinya dengan tidak beribadah kepada-Nya.

Kedua : menulis adalah bagian dari perjuangan. Perjuangan tidak selalu identik dengan mengangkat senjata. Menyadari kegiatan menulis sebagai bagian dari perjuangan akan memberikan tenaga tambahan bagi kita untuk menulis dan tetap menulis.

Maka dari itu saya tidak bosan-bosannya mengajak para pembaca dan pengunjung blog SMK Widya Karya ini, untuk menggali bakat menulis terutama dikalangan pelajar. Menulis itu sungguh indah, sangat menyenangkan dan memiliki kepuasan tersendiri. Ketika kamu sudah menemukan keindahan di dalamnya pasti kamu tidak ingin keluar dari keindahan tersebut.

Semoga Bermanfaat

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh..

 

By : ST-Ukhti WK

“Mari Saling berbagi Ilmu”

Alhamdulillah washolatu wassalamu ‘ala Rosulillah

Balai Jaya – Riau ,  Minggu,  07  Oktober  2012  Pukul : 22.00

Tag:, , , , ,

About SMK Widya Karya Balai Jaya

Bersama Menuju Masa Depan Kita Bisa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan kecil hendri

Blog ini akan segera di hapus , kunjungi website baru kami di http://hendri.wc.lt

Irfan Handi

Hanya Ingin Berbagi

KKPI SMK Gondang

Menuju Perubahan Yang Lebih Baik

:: tukangcoret ::

Mencoret Lebih Mulia Dari Pada Melamun

Jhonwilson's Tambunan

Just another WordPress.com site

Panduan Tidak Resmi Wordpress.com

Ini dibuat untuk membantu blogger pemula di wordpress.com

CrCn Blogs

Education, News, Politics, download, Tips & Tricks, Other

Akimlinovsisa's W.P

"Bekerja cerdaslah daripada bekerja keras" "Senjata yang paling ampuh dalam hidup ini adalah SOPAN SANTUN"

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: