Tips Merapikan Kertas yang Berserakan (ST)


Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh..,

Heemm…, dimalam yang hujan seperti ini enaknya ngapain ya.., mau tidur eh belum ngantuk. Iseng-iseng saya dapat ide nih, membuat tips Merapikan Kertas Yang Berserakan.

Disadari atau tidak, kita terkadang telah menumpuk banyak kertas di atas meja. Baik itu meja belajar maupun meja kerja. Seperti disetiap meja guru-guru SMK Widya Karya yang baru saja usai melaksanakan akreditasi. Waahh…, benar-benar pemandangan yang sangat tidak mengenakkan. Begitu juga dengan meja belajar kamu di rumah.

Mulai dari kertas ulangan, soal-soal latihan, handouts, artikel bacaan, atau surat-surat dan lain-lain sebagainya, lama kelamaan tumpukan kertas ini membuat pemandanan yang tidak indah bukan? Meja terasa penuh dan berantakan. Mau kerja bingung meletakkan laptop di mana?, meletakkan tas dimana?,Mau belajar bingung, mau belajar dimana karena di meja hanya ada tumpukan kertas yang menjulang. Kita pun kerepotan ketika mencari lembaran-lembaran penting karena semua tertumpuk tak karuan.

Eiiitss, tapi jangan khawatir . Berikut ini ada beberapa Tips yang dapat dilakukan agar tumpukan kertas di meja tidak lagi mengganggu dan kita pun dapat dengan mudah menemukan lembaran penting jika suatu saat kita mencarinya. Biasanya siswa jurusan Administrasi Perkantoran lebih faham bagaimana cara merapikan dan menyimpan atau mengarsipkan berkas-berkas seperti diatas. Baiklah kalau begitu, Yuuk, simak baik-baik. Tips berikut:

KLASIFIKASIKAN JENIS-JENIS KERTAS YANG ADA

Langkah pertama yang dilakukan adalah mengumpulkan kertas-kertas tersebut dari meja belajar atau meja kantor dan menggolongkan kertas yang berserakan di meja sesuai jenisnya, misalnya surat-surat, kertas ulangan, soal-soal latihan, handout atau artikel bacaan. Jangan lupa pisahkan juga mana kertas yang tidak terpakai

MEMBUAT BUNDEL ATAU MENJILID KERTAS

Kertas yang masih terpakai baiknya dijilid atau dibundel sesuai dengan keinginan kita berdasarkan klasifikasinya. Jika kita punya cukup uang kita bisa menjilid kertas-kertas tersebut . atau jika ingin sedikit menghemat, masukkan kertas-kertas tersebut ke dalam map cokelat. Tulislah di halaman cover atau di depan map cokelat, “Soal-soal Ulangan” atau “Surat-surat Penting” dengan menulis klasifikasinya kita akan dengan mudah mencari lembaran-lembaran penting jika suatu saat kita membutuhkannya.

MEMANFAATKAN KERTAS YANG TIDAK TERPAKAI

Jangan langsung membuang kertas-kertas yang tidak terpakai. Kertas yang tidak terpakai ini bisa kita pisahkan lagi. Mana kertas yang halaman belakangnya kosong dan yang kedua sisi halamannya terpakai. Kertas yang sisi belakangnya kosong bisa dimanfaatkan untuk notes kecil, atau kertas coret-coretan. Untuk kertas yang kedua sisinya terpakai, kita bisa membuangnya atau jika kita mau, kita bisa mencoba mendaur ulangnya. Kamu bisa men search sendiri di internet bagaimana cara mendaur ulang kertas.

Nah dengan melakukan tips ini, meja kita akan terlihat bersih dan rapi. Belajar pun bisa lebih nyaman. Dengan merapikan tumpukan kertas saja, kita bisa melakukan dua hal, memanfaatkan kembali dan menjaga lingkungan dengan tidak banyak menghasilkan sampah, So Selamat mencoba.

 

Semoga Bermanfaat

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh..

 

By : ST-Ukhti WK

“Mari Saling berbagi Ilmu”

Alhamdulillah washolatu wassalamu ‘ala Rosulillah

Balai Jaya – Riau ,  Selasa, 25  September  2012  Pukul : 22.07

Tag:, , , , ,

About SMK Widya Karya Balai Jaya

Bersama Menuju Masa Depan Kita Bisa

3 responses to “Tips Merapikan Kertas yang Berserakan (ST)”

  1. vicentia says :

    jadi teman2, kita sebagai seorang sekretaris harus profesional apalagi dalam masalah tumpukan kertas yang ada diskull kita.
    mari teman2 semua kita menjadi seorang sekretaris yang rapi dalam kerja.
    Ok

  2. lyla vizzzzzzz says :

    beNeR bUaNgeT TocH ,,,,,
    bGI Anac APk ,,, AyuX kTa kEmbaNg KhuAn BaHwaSanyA APk EanK tER bUanyIc ,,
    GoOd aNaC juRusaN APK .
    miQuM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan kecil hendri

Blog ini akan segera di hapus , kunjungi website baru kami di http://hendri.wc.lt

Irfan Handi

Hanya Ingin Berbagi

KKPI SMK Gondang

Menuju Perubahan Yang Lebih Baik

:: tukangcoret ::

Mencoret Lebih Mulia Dari Pada Melamun

Jhonwilson's Tambunan

Just another WordPress.com site

Panduan Tidak Resmi Wordpress.com

Ini dibuat untuk membantu blogger pemula di wordpress.com

CrCn Blogs

Education, News, Politics, download, Tips & Tricks, Other

Akimlinovsisa's W.P

"Bekerja cerdaslah daripada bekerja keras" "Senjata yang paling ampuh dalam hidup ini adalah SOPAN SANTUN"

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: