Bersabar Dengan Ujian Itu Adalah Biasa Namun Bersyukur Atas Ujian Itu Adalah Luar Biasa (ST)


“Ketika hati menangis hanya Kau saja yang tau,

Ketika mereka meninggalkan aku sendiri,

Kau tetap mendengar rintihan dan jerit tangisku.

Pada-Mu tempatku menagih kasih

“Robbi, ketika aku dalam kesulitan dalam kesendirian,

Dihimpit cobaan, kau beri aku kesabaran,

Semangat kasih-Mu dan belaian sayang-Mu selalu menguatkanku.

Ya Rohim, ketika aku buntu Kau beri aku kekuatan,

Kau tunjukkan aku jalan tak Kau biarkan aku sendirian.

Kau selalu ada untukku”

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh…,

 

Ya, memang hanya Allah yang selalu ada untuk kita dalam situasi apapun.

So…, sebenarnya untuk  apakah ujian itu Allah SWT berikan kepada hamba-hamba-Nya?Sungguhlah benar, ujian adalah sunnatullah dari Allah SWT untuk memisahkan orang-orang munafik dari barisan orang-orang beriman, “Allah menguji hamba-Nya dengan menimpakan musibah sebagaimana seorang menguji kemurnian emas dengan api (pembakaran). Ada yang keluar emas murni. Itulah yang dilindungi Allah dari keragu-raguan. Ada juga yang kurang dari itu (mutunya) dan itulah yang selalu ragu. Ada yang keluar seperti emas hitam dan itu yang memang ditimpa fitnah (musibah).” (HR Al Tabrani)

Ujian adalah tarbiyah dari Allah SWT untuk meningkatkan derajat hamba-Nya, sebagai wujud kasih sayang-Nya. “Seorang hamba memiliki suatu derajat di syurga. Ketika dia tidak dapat mencapainya dengan amal-amal kebaikannya maka Allah menguji dan mencubanya agar dia mencapai derajat itu.” (HR Al Tabrani)

Ujian adalah sunatullah untuk orang-orang yang berada di jalan Al Haq. Jika kita tidak merasakan adanya ujian yang berat, maka patut dipertanyakan apakah jalan yang kita lalui adalah jalan yang benar.

Saad bin Abi Waqqash berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah SAW, “Ya Rasulullah, siapakah orang yang paling berat ujian dan cobaannya” Nabi SAW menjawab, “Para nabi kemudian yang meniru (menyerupai) mereka dan yang meniru (menyerupai) mereka. Seseorang diuji menurut kadar agamanya. Kalau imannya lemah dia diuji sesuai dengan itu (ringan) dan kalau imannya kukuh dia diuji sesuai dengan itu (berat). Seorang diuji terus-menerus sehingga dia berjalan di muka bumi bersih dari dosa-dosa.” (HR Al Bukhari)

Dalam menghadapi ujian, seorang mukmin harus selalu bersangka baik kepada Tuhannya. “Besarnya pahala sesuai dengan besarnya ujian dan cobaan. Sesungguhnya Allah Azza wajalla bila menyenangi suatu kaum, Allah menguji mereka. Barangsiapa bersabar maka baginya manfaat kesabarannya dan barangsiapa murka maka baginya murka Allah.” (HR Al Tirmidzi)

Allah SWT menghibur orang-orang beriman dalam menghadapi ujian dengan firman-Nya, “Dan janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.” (Surah Al Imran: 139)

Kehidupan tidak selamanya berbentuk penderitaan dan kesedihan hati, tetapi bisa juga dalam bentuk kenikmatan dan kesenangan. Bila ujian itu dalam bentuk kesenangan, apakah si hamba itu bersyukur? Bila dalam penderitaan, apakah si hamba itu bersabar? Syukur dan sabar adalah keistimewaan orang-orang yang beriman, yang dikagumi oleh para nabi.

Syurga memiliki kriteria (muwashofat) untuk orang-orang yang akan memasukinya. Nilai A, B, C, D, atau E adalah hak Allah SWT. Tugas manusia adalah berdoa, berikhtiar dan bersabar. Dan tentu saja, untuk mengetahui apakah kita benar-benar lulus atau tidak, jawapannya ada di hari akhirat nanti.

Lulus ujian, akan menaikkan derajat kita di sisi-Nya dan tiada lain balasannya adalah ridhaNya, syurga-Nya dan bidadari. Allah SWT berfirman, “(Disamping) mereka ada bidadari-bidadari. Seperti mutiara yang tersimpan rapi” (Surah Al Waqiah : 22-23)

So, buat sahabat-sahabat yang sering mendapat musibah berupa kesusahan atau kesulitan dalam kehidupan kita sehari-hari jangan terus suudzon pada Allah, jangan terlalu banyak mengeluh. sering kita berkata “ Allah tidak adil, kenapa harus aku yang menanggung derita ini”, atau “ apa salahku kenapa cobaan selalu menimpaku”, tidak ada yang salah. Semua itu adalah bentuk dari kasih sayang Allah pada kita. Bersangka baiklah pada Allah.

Kita harus yakin bahwa musibah, cobaan atau kesulitan hidup apapun yang kita hadapi semua itu hanyalah ujian dari Allah, ujian yang ketika kita lulus menghadapi dan menjalaninya derajat kita akan dinaikkan oleh Allah. Bertambahlah iman kita kepada-Nya.

Selalu bersabar dan bertawaqallah terhadap apapun yang ditimpahkan oleh Allah pada kita. Sesunggungnya Allah tidak akan menguji seseorang melebihi dari kesanggupan orang tersebut. Dan sesungguhnya Allah tidak akan mengambil sesuatu apapun dari kita kecuali menggantinya dengan yang lebih baik.

Oleh karena itu, Bersabarlah dengan ujian yang diberikan. Dan bersyukurlah karena Allah masih mau memberikan ujian kepada kita karena semua itu adalah bentuk dari kasih sayang-Nya. Sedikit sekali orang yang bisa bersyukur atas ujian yang diberikan Allah, karena ia selalu berburuk sangka kepada Allah. Tidak mengambil hikmah dari setiap musibah. Tidak pernah bersangka baik. Maka mulai saat ini, Berbaik sangkalah kepada Allah.

Jadi, Bersabar Dengan Ujian Itu Adalah Biasa Namun Bersyukur Atas Ujian Itu Adalah Hal yang Luar Biasa

 

Semoga Bermanfaat

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh..,

By : Ukhti WK

Alhamdulillah washolatu wassalamu ‘ala Rosulillah

Balai Jaya – Riau ,  28  Agustus 2012  Pukul : 03.10 Dini Hari.

Tag:, , , , ,

About SMK Widya Karya Balai Jaya

Bersama Menuju Masa Depan Kita Bisa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan kecil hendri

Blog ini akan segera di hapus , kunjungi website baru kami di http://hendri.wc.lt

Irfan Handi

Hanya Ingin Berbagi

KKPI SMK Gondang

Menuju Perubahan Yang Lebih Baik

:: tukangcoret ::

Mencoret Lebih Mulia Dari Pada Melamun

Jhonwilson's Tambunan

Just another WordPress.com site

Panduan Tidak Resmi Wordpress.com

Ini dibuat untuk membantu blogger pemula di wordpress.com

CrCn Blogs

Education, News, Politics, download, Tips & Tricks, Other

Akimlinovsisa's W.P

"Bekerja cerdaslah daripada bekerja keras" "Senjata yang paling ampuh dalam hidup ini adalah SOPAN SANTUN"

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: