Jadikan Perpus Tempat Yang Asyik Untuk Nongkrong (ST)


Assalamu’alaikuuumm Warahmatullahi Wabarokatuh,,,

Perpustakaan????????

 Hiiiii… dengar kata yang satu ini mungkin bukan kata yang gaul dibanding kata mall, plaza, café or tempat menarik lainnya, atau mungkin untuk tempat nongkrong.., huuu… mungkin nggak banget dehc..,

Tapi, for your information, tempat ini sebenarnya penting sekali untuk kita secara pribadi dan untuk bangsa ini.

Buku, buku yang tersedia diperpustakaan merupakan jendela dunia yang mengantarkan pembaca ke pengetahuan tak terhingga. Wawasan yang dimiliki seseorang juga bakal bertambah seiring dengan makin banyaknya buku yang dipelajari. Ide-ide cemerlang dan brilian akan lahir, karena buku-buku yang dibaca nih dapat mempengaruhi cara berpikir serta mengambil keputusan.

Nggak heran dehc, kalau munculnya Negara-negara besar didorong oleh budaya baca yang besar di masyarakatnya. Contoh nyatanya nih Jepang. Negara yang berjuluk Negeri Sakura tersebut mampu menyaingi Amerika Serikat atau Eropa berkat adanya minat baca yang kuat. Kecanduan Jepang dalam membaca patut jadi teladan bagi Negara-negara lain.

Nggak jarang, di tempat-tepat umum orang-orang Jepang selalu membawa buku, komik, Koran atau majalah. Ketika bepergian bekal utama yang diselipkan dalam koper atau tas ransel adalah bahan bacaan. Tujuannya nggak lain buat menambah wawasan atau sekadar menghindarkan diri dari kepenatan.

Merujuk pada Koran Tempo (6 Mei 2001), membaca digunakan Jepang sebagai cara paling tepat dan efektif dalam rangka memulihkan keadaan negerinya yang gagal dalam Perang Dunia II. Pada waktu itu, tanah Hiroshima dan Nagasaki porak-poranda akibat bom atom yang dijatuhkan Amerika Serikat.

Dengan bermacam pertimbangan, akhirnya Jepang membangun kembali Negerinya dengan memasukkan ratusan bahkan ribuan buku dari luar, menerjemahkannya, lalu menganjurkan masyarakatnya untuk terus membaca. Hasilnya sungguh luar biasa. Hanya dalam rentang waktu kurang dari 30 tahun, Jepang mampu bangkit menjelma menjadi Negara yang powerful dalam bidang ekonomi dan teknologi serta disegani di seantero semesta.

Dari sini, kita bisa simpulin kalau tinggi-rendahnya peradaban suatu bangsa di antaranya bisa dicermati dari sedikit banyaknya para penggandrung buku dan perpustakaan di dalamnya. So, gimana dengan kamu yang sekarang sudah menjadi siswa ataupun mahasiswa, sudah ada perpustakaan belum di sekolah atau di kampus kamu?

Bikin perpustakaan Ideal di Sekolah

Ok.., buat kamu aktifis sekolah ataupun aktifis kampus penting banget nih buat perhatiin kondisi perpustakaan kamu. Apalagi kalau di sekolah ataupun di kampus kamu belum ada perpustakaan atau sedikit sekali koleksi buku-buku di perpustakaan sekolah.

Hemmm.., this is warning, buat kemajuan untuk sekolah ataupun kampus kamu. Secara perpustakaan sekolah ataupun kampus yang ideal bakal jadi tempat awal siswa ataupun mahasiswanya mencari berbagai ilmu.

Untuk menyemarakkan perpustakaan di sekolah/kampus sebagai pusat bergumulnya pecinta ilmu pengetahuan, diperluin usaha yang sungguh-sungguh dan nggak setengah-setengah. Harus ada langkah-langkah riil yang mesti kamu lakukan kalau kamu ingin ningkatin pengetahuan kamu dan teman-teman kamu lewat perpus. Apa aja sih langkah-langkahnya? This it friend…

Langkah Pertama,

Menumbuhkan kesadaran siswa/mahasiswa atas pentingnya membaca dan mengunjungi perpustakaann sekolah/kampus. Kamu wajib dan gencar melakukan sosialisasi lewat berbagai cara kayak bikin diskusi atau penyebaran pamflet dan spanduk di tempat-tempat teman-teman kamu nongkrong.

Kasih informasi ke mereka kalau membaca punya banyak manfaat, kayak: jadi tambah gaul karena jadi banyak tau hal dan nggak kuper saat diajak ngobrol oleh siapapun, atau ternyata membaca dapat menjauhkan diri dari penyakit lupa dan menunda kepikukan lhooo.., hehe ini manfaat membaca beneran lho, karena otak kita selalu dirangsang untuk selalu berfikir ketika sedang membaca.

Langkah Kedua,

Perhatiin perpustakaan sekolah/kampus yang ada. Perpustakaan yang sepi pengunjung dan nggak dapat tempat di hati siswa atau mahasiswanya sudah saatnya diperbaiki dan dibenahi secara bertahap. Jangan sampai perpustakaan yang ada malah dibiarkan amburadul, nggak terawat, kotor dan tampak seram. Perpus kayak gini emang bikin horror dan menyebabkan siswa ataupun mahasiswanya males berkunjung.

Kalau perpus kamu kayak gitu, maka wajib buat kamu untuk memberikan saran ke pihak sekolah ataupun ke pihak kampus atau bahkan bikin kerja bakti buat ngedisain ulang dan membersihkan kampus kamu. Perpustakaan kampus yang comfortable serta memiliki mode dan desain bangunan yang menarik pasti memancing siswa ataupun mahasiswanya buat mendekatinya. Dengan begitu harapan besar nih perpus bisa jadi tempat yang menyenangkan untuk nongkrong.

Langkah ketiga,

Mendorong pihak sekolah/kampus melakukan pembangunan perpustakaan besar-besaran disertai dengan melimpahnya bahan bacaan di dalamnya. Tentu, bagi kampus yang belum mempunyai perpustakaan alangkah ini bisa lebih bermanfaat daripada menghamburkan uang buat memperluas taman didepan sekolah, membeli sofa yang empuk dan mahal di kantor , atau malah membuat pagar yang tinggi menjulang.

Bukannya tidak penting sih membuat sekolah ataupun kampus terlihat megah dengan beberapa unsur pendukungnya. Tapi, gedung perpustakaan yang digunakan untuk memperkaya wawasan anak bangsa lebih mendesak untuk dipenuhi, karena meyangkut kebutuhan generasi penerus bangsa yang emang sangat membutuhkan ilmu pengetahuan.

Perpustakaan mewah yang menampung ribuan bahkan juataan referensi akan terhindar dari kesan pemborosan dan berlebihan. Hal tersebut justru nandain kalau pihak sekolah atau pihak rektorat mempunyai respon yang cukup tinggi terhadap kemajuan siswa ataupun mahasiswanya.

Langkah Keempat,

Mempelajari lebih dalam profil perpustakaan-perpustakaan berkaliber dunia sekaligus menggali rahasia mengapa perpustakaan-perpustakaan tersebut bisa sukses dan selalu dikenang sejarah. Dan yang terpenting nih, mengaplikasikannya pada perpustakaan yang ada di sekolah atau yang ada di kampus kamu yang bakal dibangun ataupun yang hanya mengalami perombankan. Mulai dari manajemen, pelayanan, fasilitas, sirkulasi referensi, pemilihan tema bacaan, dan lain sebagainya.

Kalau keempat langkah ini dilaksanain, insya Allah deh perpus bakal jadi tempat yang fun buat kamu nongkrong sama teman-teman kamu. Secara nih sudah pinter, gratis pula lagi nongkrongnya. Hehe… bkn untuk pacaran jg yah…

Eiiiitttsss, tapi inget ya jangan Cuma nongkrong doang, yang terpenting baca bukunya. Ok..

Semoga Bermanfaat

Semoga hari-harimu membawa berkah.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh..

By : Akhwat WK

 

“Mari Tebarkan Minat Membaca”

 

Alhamdulillah washolatu wassalamu ‘ala Rosulillah

Kab. Simalungun – SUMUT ,  Kamis,  23  Agustus 2012  Pukul : 05.14

Tag:, , , , ,

About SMK Widya Karya Balai Jaya

Bersama Menuju Masa Depan Kita Bisa

6 responses to “Jadikan Perpus Tempat Yang Asyik Untuk Nongkrong (ST)”

  1. alay says :

    yap,,,,, bnar buangt,,,,,,,,,,

  2. zuly gunawan says :

    benar banget… cobalah nongkrong di perpus.🙂 thanxs dah di comment

  3. Evans Argo says :

    PERPUS TUH GUDANGNYA ILMU..

    SO JANGAN SAMPAI MISKIN ILMU DUNKS…

  4. dErrpu ajah says :

    nongkrong ambil pacaran boleh ndak????

    heheheheheeeeeeeeeeeeeee..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan kecil hendri

Blog ini akan segera di hapus , kunjungi website baru kami di http://hendri.wc.lt

Irfan Handi

Hanya Ingin Berbagi

KKPI SMK Gondang

Menuju Perubahan Yang Lebih Baik

:: tukangcoret ::

Mencoret Lebih Mulia Dari Pada Melamun

Jhonwilson's Tambunan

Just another WordPress.com site

Panduan Tidak Resmi Wordpress.com

Ini dibuat untuk membantu blogger pemula di wordpress.com

CrCn Blogs

Education, News, Politics, download, Tips & Tricks, Other

Akimlinovsisa's W.P

"Bekerja cerdaslah daripada bekerja keras" "Senjata yang paling ampuh dalam hidup ini adalah SOPAN SANTUN"

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: