Metode Belajar Efektif dan Efisien (ST)


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh..

Berbagai macam cara dibuat agar proses belajar dapat berjalan dengan efektif dan efisien, tetapi terkadang kita sulit menemukan metode yang tepat untuk belajar efektif dan efisien tersebut. Segala cara telah ditempuh, ya toh saja belum juga menemukan metode yang pas dan klik.

Mau tau Metode Belajar yang Efektif dan Efisien ????

Nah.. kali ini saya akan berbagi sama kamu semua, bagaimana sih metode yang efektif dan Efisien dalam proses belajar ???????

Terkhusus para siswa dan pelajar seringkali menemukan kendala dalam proses belajar efektif dan efisien. Semua pasti merasa yang namanya belajar itu identik dengan Beban! atau kewajiban! coba dech ubah pola pikir kamu terlebih dahulu, atau simplenya gini ! kita belajar karena kita suka! atau kita belajar karena kita tau belajar itu penting buat masa depan kita nanti! dimana sesorang yang berilmu itu akan mendapatkan penghargaan dan kehidupan yang layak! kalo pola pikir kita sudah berubah pasti Metode Belajar Efektif akan terlaksana dengan mudah.

Ok dech.., langsung aja, nih dia metode belajar efektif dan efisien :

  1. Belajar Bersama. Metode ini seringkali di katakan metode yang paling efektif karena dalam suasana belajar berkelompok yang cukup santai otak menjadi lebih rileks menerima ilmu – ilmu yang akan di serap. Selain itu hal – hal yang belum di ketahui akan lebih mudah di selesaikan dengan bekerja sama.
  2. Buatlah Intisari Dari Setiap Pelajaran. Buatlah rangkuman atau ringkasan dari setiap pelajaran yang anda dapatkan baik di sekolah maupun di tempat lain atau lewat belajar bersama diatas. hal ini akan lebih efisien mengingat intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang ini akan menjadi Kata-kata kunci yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian.
  3. Disiplin Dalam Belajar. Kedisiplinan memang perlu diterapkan dalam belajar, seperti disiplin waktu dan disiplin dalam berkonsentrasi pada pelajaran. Dengan adaya sifat disiplin dalam diri kamu, dapat dipastikan pelajaran yang kamu lakukan dapat efektif dan efisien.
  4. Menjadi Aktif Bertanya dan Ditanya. Jika ada hal yang belum jelas, maka tanyakan kepada guru, teman atau orang tua. Jika kita bertanya biasanya kita akan ingat jawabannya. Jika bertanya, bertanyalah secukupnya dan jangan bersifat menguji orang yang kita tanya.
  5. Kembangkan Materi Yang Sudah di Pelajari. Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.
  6. Terakhir segiat – giatnya kita belajar tapi jangan lupa untuk istirahat. Orang – orang sukses seperti steve jobs yang menjadi pintar karena mereka mempunyai metode – metode belajar efektif tersendiri, so ciptakan sendiri suasana belajar kondusif yang menurut mu bisa menjadi cara belajar efektif dan efisien.

Sekarang sudah pada tau kan Metode Belajar yang Efektif dan Efisien, mulailah dari sekarang, bukan hanya Efektif dan Efisien, tetapi belajar dapat lebih menyenangkan ketika kamu memiliki niat dan keinginan yang kuat untuk belajar dengan baik.

Semoga Bermanfaat

Selamat Mencoba….!!! Semoga hari-hari dalam belajarmu membawa berkah.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh..

Salam Santun Ukhuwah fillah…,

By : Akhwat WK

“Mari Saling berbagi Ilmu”

Alhamdulillah washolatu wassalamu ‘ala Rosulillah

Balai Jaya – Riau ,  Rabu,  02  Agustus 2012  Pukul : 04.50 Ba’da Shubuh.

Tag:,

About SMK Widya Karya Balai Jaya

Bersama Menuju Masa Depan Kita Bisa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan kecil hendri

Blog ini akan segera di hapus , kunjungi website baru kami di http://hendri.wc.lt

Irfan Handi

Hanya Ingin Berbagi

KKPI SMK Gondang

Menuju Perubahan Yang Lebih Baik

:: tukangcoret ::

Mencoret Lebih Mulia Dari Pada Melamun

Jhonwilson's Tambunan

Just another WordPress.com site

Panduan Tidak Resmi Wordpress.com

Ini dibuat untuk membantu blogger pemula di wordpress.com

CrCn Blogs

Education, News, Politics, download, Tips & Tricks, Other

Akimlinovsisa's W.P

"Bekerja cerdaslah daripada bekerja keras" "Senjata yang paling ampuh dalam hidup ini adalah SOPAN SANTUN"

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: