Tips Menggali Inspirasi Menulis (ST)


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

Sebuah karya akan memicu inspirasi. Teruslah berkarya.

Jika Anda berhasil , teruslah berkarya.

Jika Anda gagal , teruslah berkarya.

Jika Anda tertarik , teruslah berkarya.

Jika Anda bosan , teruslah berkarya.

(Michael Crichton)

Alhamdulillah, ini diaaa…

Mungkin inilah yang kamu cari-cari selama ini, bagaimana sih caranya agar inspirasi menulis itu kita dapat ???…

Disini saya akan berbagi beberapa Tips Menggali Inspirasi…

yukk.. simak baik-baik…

Kita semua pasti bisa, sebab kita telah diperlengkapi dengan indra ciptaan Allah yang sangat canggih untuk menangkapnya. Jadi, apa pun aktifitas keseharian atau kegiatan favorit kita, jangan bisrkan inspirasi itu berlalu begitu saja tanpa arti. Jangan biarkan film yang kita tonton, music yang kita nikmati, buku yang kit abaca, berita yang kita dengar, kejadian yang kita saksikan, orang-orang yang kita temui lewat dan sirna tanpa kita sempat menangkap inspirasi yang bertebaran di dalamnya. Di sini saya mengajak kamu  untuk mempertajam mata hati kita, merenungkan apa yang telah kita alami atau saksikan dalam keseharian kita. Tangkaplah inspirasi itu. Lalu catat dalam sebaris atau dua baris kalimat agar tidak hilang begitu saja.

Ada sepuluh cara menemukan inspirasi dalam menulis, yang saya kutip dari  Setiaji (2008b) yang akan saya uraikan sebagai berikut :

Pertama : melakukan blogwalking. Blogwalking dilakukan dengan cara mengunjungi blog-blog yang menarik di internet. Pada blog-blog tersebut  biasanya terdapat artikel-ertikel si penulis blog. Dari blog tersebut kita dapat mengambil sebuah sudut pandang lain dari suatu gagasan atau opini terhadap suatu hal, kemudian menuliskannya pada tulisan kita.

Kedua : majalah. Banyak sekali tema dan ide sangat menarik di dalam majalah. Dalam majalah, ulasan suatutopik yang dengan bahasa jurnalisme yang baik dan enak dibaca.

Ketiga : film. Ini termasuk cara yang mudah dan tidak membosankan. Dari film kita bisa bisa mendapat gagasan tentang topik yang akan kita tulis. Setelah melihat sebuah film, kita bisa menulis sebuah resensi film tersebut dan bahkan mengkritiknya.

Keempat : peristiwa. Di mana pun kita berada pasti tak bisa lepas dari peristiwa atau kejadian-kejadian yang terjadi di sekeliling kita. Dari peristiwa yang kita lihat atau bahkan kita alami sendiri kemudian kita pilah-pilah peristiwa yang kira-kira menarik untuk dijadikan tema tulisan.

Kelima : teman. Sebenarnya teman bisa dijadikan sumber inspirasi yang menarik. Coba perhatikan dari sekian banyak teman kita, pastinya ada beberapa yang memiliki kebiasaan-kebiasaan yang unik. Ini bisa kita gali lagi lebih dalam lagi.

Keenam : seni. Baik seni lukis atau lainnya. Seni merupakan salah satu sumber inspirasi yang kaya makna. Seperti misalnya kita melihat sebuah karya seni yang unik dan indah. Dari situ kita dapat menulis yang berisi penggambaran maksud goresan lukisan itu atau menulis resensi tentang aliran seni dari seniman yang membuatnya.

Ketujuh : tamasya atau berkunjung ke suatu tempat. Saat ide menulis tak kunjung muncul, berwisata ke tempat yang bagus dan menarik dapat menjadi sebuah inspirasi bagi kita. Mengenai apa dan bagaimana tempat wisata tersebut, mengapa tempat itu banyak dikunjungi.

Kedelapan : ibadah. Bahkan hal-hal yang menyangkut ibadah pun bisa dijadikan tema sebuah tulisan. Kita mungkin bisa menceritakan bagaimana perasaan, harapan, dan syukur kita saat melakukan ibadah. Saat beribadah biasanya kita mendapat inspirasi yang tulus.

Kesembilan : jalan-jalan. Cobalah sejenak berjalan-jalan bila perasaan kita sudah suntuk dan jenuh dan inspirasi unjtuk menulis tidak juga muncul. Dengan berjalan-jalan sejenak untuk melihat sekeliling, diharapkan kita akan melihat sebuah keadaan realitas di jalan-jalan sejenak untuk melihat sekeliling, diharapkan kita akan melihat sebuah keadaan dan realitas  di jalan-jalan. Misalnya seperti peminta-minta di lampu merah, anak-anak jalanan dan lain sebagainya.

Kesepuluh : kumpul bareng. Nah ini yang paling mudah. Istilah gaulnya “nongkrong”. Kita cukup jadi pendengar yang baik. Biarkan teman-teman kita berbicara satu sama lain, simak, dan dengarkan dengan santai kemudian diskusikan pendapat mereka dengan pendapat kita. Cara ini sangat baik untuk memunculkan tema tulisan karena kita dapat melihat dapat melihat banyak sudut pandang dari sebuah masalah.

Masalahnya, pernahkah kamu mengalami kebuntuan ide saat sedang menulis? Rowse (2008) menyarankan untuk melakukan beberapa kiat saat kita sedang mengalami kebuntuan ide tentang tulisan yang sedang kita tulis. Kiat tersebut adalah :

Pertama, ubahlah lingkungan dalam menulis. Kadang-kadang dalam menulis di tempat dan suasana yang berbeda dapat menimbulkan kreatifitas baru untuk kita. Cobalah tempat-tempat yang berbeda seperti taman, ruang yang berbeda di rumah, pantai dan rasakan apakah inspirasi yang tak juga datang tersebut akhirnya muncul.

Kedua,gunakan mind map (peta alur pikir). Proses mind map dapat menghasilkan banyak ide bagus yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Ketiga, bertanyalah dan jawablah. Petanyaan  timbul karena adanya kebutuhan atau masalah dari diri sendiri atau orang lain. Tentu hal ini akan sangat menarik jika dibaca. Kita dapat menjaring inspirasi melalui dari bertanya pada orang lain ataupun menjawab pertanyaan orang lain.

Keempat, Istirahat dan berlibur. Salah satu cara untuk menjaring ide  dalam menulis adalah, istirahat atau pergi berlibur. Pikiran yang rileks dan jernih  dengan sendirinya akan memberikan kita kemampuan untuk berfikir dengan baik.

Kelima, menulis bebas. Bayak penulis menggunakan cara ini untuk melakukan latihan atau pemanasan. Mereka duduk dengan alat tulis mereka  dan menulis semua yang ada di pikiran mereka saat itu juga. Hasilnya bias saja sepenuhnya tidak nyambung. Namun jangan salah beberapa dari coretan-coretan itu dapat memberikan kit aide dalam berkarya.

Keenam, jelajahilah internet. Untuk mencari inspirasi mengenai tulisan anda bacalah berita-berita di internet, blog, forum, catatan (notes) facebook seseorang , artikel-artikel dan lain sebagainya. Dengan banyak membaca referensi kita untuk menulis akan lebih banyak.

Ketujuh, jelajah offline. Selain intenet, jelajahilah sumber-sumber informasi lain yang tidak membutuhkan kita untuk online. Misalnya televise, radio, majalah, Koran, film bahkan teks sebuah lagu bias mmeberikan anda inspirasi yang tidak terduga untuk menulis.

Kedelaan, libatkan orang lain. Jika memang anda sudah sangat buntu dalam mencari ide melalui dirimu sendiri, cobalah libatkan orang lain untuk menulis. Misalnya dengan mengobrol, atau bahkan dengan melakukan wawancara dengan orang lain. Seringkali perspektif orang lain dapat memberikan ide  dan inspirasi yang anda butuhkan.

Kesembilan, identifikasi. “waktu-waktu special” kamu dalam menulis. Misalnya waktu terbaik kamu dalam menulis adalah saat pagi hari, dimana saat itu kamu bias mendapatkan inspirasi-inspirasi dengan mudah. Namun banyak juga penulis yang suka menlis pada sore hari, nah coba cari tahu kapan waktu terbaik kamu dalam menulis sehingga inspirasi dapat mengalir deras dalam kepala kita pada sast itu.

Kesepuluh, mintalah orang lain untuk membaca tulisan yang telah kamu buat dan mintalah pendapatnya. Saat sedang mengalami kebuntuan ide, mungkin pendapat orang lain tentang tulisan kamu yang belum selesai tersebut dapat member ide yang baik mengenai pengembangan tulisan kamu.

Semoga Bermanfaat

Wassalamiu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh…

Salam Ta’zim penulis…..,

Alhamdulillah washolatu wassalamu ‘ala Rosulillah

Balai Jaya – Riau ,  Selasa,  01  Agustus 2012  waktu Dhuha.

Tag:, , , , ,

About SMK Widya Karya Balai Jaya

Bersama Menuju Masa Depan Kita Bisa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan kecil hendri

Blog ini akan segera di hapus , kunjungi website baru kami di http://hendri.wc.lt

Irfan Handi

Hanya Ingin Berbagi

KKPI SMK Gondang

Menuju Perubahan Yang Lebih Baik

:: tukangcoret ::

Mencoret Lebih Mulia Dari Pada Melamun

Jhonwilson's Tambunan

Just another WordPress.com site

Panduan Tidak Resmi Wordpress.com

Ini dibuat untuk membantu blogger pemula di wordpress.com

CrCn Blogs

Education, News, Politics, download, Tips & Tricks, Other

Akimlinovsisa's W.P

"Bekerja cerdaslah daripada bekerja keras" "Senjata yang paling ampuh dalam hidup ini adalah SOPAN SANTUN"

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: