Mencari Sumber Inspirasi Menulis (ST)


“ Jangan Pernah Ragu Meniru penulis lain. Setiap Seniman

yang tengah mengasah keterampilannya membutuhkan model .

pada Akhirnya, Anda akan menemukan gaya sendiri

dan menanggalkan kulit penulis anda itu. “

(William Zinser)

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh…

Teriring salam, shalawat dan senandung do’a, semoga para pengunjung website SMK WIDYA KARYA Balai Jaya ini dalam keadaan sehat wal’afiat dan selalu dibawah lindungan dan naungan kasih sayang Allah yang hakiki, dan tetap semangat dalam menjalankan ibadah puasa, diberi kekuatan secara lahiriah dan batiniah. Aamiin..Aamiin Ya Robbal ‘Alamin…

Eemm.. kali ini saya ingin berbagi tips bagaimana cara mencari sumber inspirasi menulis bagi para pembaca yang mungkin selama ini hobi atau memang ingin menulis. Dalam kesempatan ini saya juga ingin membahas tentang menulis artikel.

OK…TO THE POIN AJA DEHHH…!!!

Menulis artikel agak berbeda dengan menulis berita atau cerpen, menulis artikel itu menuntut kita tidak hanya pemahaman akan masalah atau topik yang dibahas, namun juga cara pengungkapannya melalui bahasa ilmiah yang pas “Ia” akan menjadi gampang kalau kita sudah terbiasa melakukannya, tetapi sebaliknya akan menjadi sulit kalau kita tidak terbiasa melakukannya. Saya mengatakan seperti ini bukan berarti saya sudah “jago” dalam menulis karena saya pun sampai detik ini masih belajar dan terus belajar.

Menurut saya problem pertama yang muncul ketika hendak menulis adalah mencari sumber inspirasi. Penulis sejati adalah penulis yang ketika tidak ada gagasan, ia terus mencari dan menggali sumber inspirasi yang ada, sedangkan penulis pemula seperti saya terkadang mudah menyerah untuk menulis saat inspirasi tak kunjung ada, tetapi harus tetap semangat dan teruslah mencari inspirasi baru yang lebih baik.

Sumber Inspirasi

Seorang penulis harus aktif mencari inspirasi karena inspirasi bukanlah wahyu yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi dan Rasul yang datang begitu saja. Inspirasi adalah sesuatu yang dating dengan niat dan usaha kita, walau terkadang datang dengan sendirinya alias dengan keberuntungan, namun Anda pun tahu bahwa kita tidak setiap saat seberuntung itu. Inspirasi dalam bahasa Arab disebut dengan “Ilham”. Biasanya Ilham lazim digunakan untuk menyebutkan petunjuk Allah yang timbul dihati. Di sini bedanya dengan wahyu, ilham atau inspirasi adalah petunjuk dari Allah untuk semua makhluk Allah, sedangkan wahyu hanya khusus untuk para Nabi dan Rasul. Bagi seorang penulis, ilham adalah sesuatu yang menggerakkan hati untuk menciptakan karya.

Menurut saya, seorang yang berprofesi sebagai penulis tidak lagi menulis berdasarkan inspirasi kebetulan. Tidak hanya kebetulan menulis sendiri atau kebetulan mengamati lingkungan sekitarnya. Namun bentuk tulisannya benar-benar terlahir dari inspirasi yang dicari. Mereka benar-benar mendalami topik dan menjiwai sehingga dalam tulisannya mereka melibatkan imajinasi secara penuh.

Sesungguhnya inspirasi itu ada di mana-mana. Dunia di sekeliling kita adalah “samudera” inspirasi yang terus bertambah jumlahnya seiring dengan perjalanan waktu. Setiap selalu ada yang baru. Betapa melimpahnya inspirasi itu di sekitar kita. Keseharian kita sesungguhnya bertaburan inspirasi seperti: Film, berita, buku, majalah, Koran, musik, gempa, bom meletus, sungai, laut, mode pakaian, TV, contohnya juga seperti profesi saya sebagai seorang guru juga banyak bertaburan inspirasi walau  ruang lingkupnya hanya di sekolah, inspirasi tersebut antara lain, siswa-siswi, guru-guru, lingkungan sekitar, kegiatan di sekolah, pekerjaan yang segudang, sifat dan karakter seseorang yang beragam yang kita temui di sekitar kita, seperti orang yang suka marah, pendiam tetapi suka berkata kasar, kurang dapat menghargai  orang lain, suudzhon atau malah sebaliknya, selalu berkata lembut, tutur katanya santun dan lain sebagainya, bahkan penjaga sekolah pun bisa menjadi inspirasi. terlalu banyak untuk disebutkan.

Berikut ini saya akan coba menguraikan sumber inspirasi yang dapat kita gali lebih jauh, seperti yang dikatakan oleh Prof. Mudrajad Kuncoro, Ph.D yang saya kutip dalam bukunya “Kiat jitu menulis opini, kolom & resensi Buku” simak saja baik-baik:

  • Alqur’an

Salah satu alasan yang diungkapkan orang-orang atas ketidakmampuannya menulis adalah tidak adanya inspirasi alias kehilangan ide, hal tersebut wajar karena hakl itulah yang membedakan antara penulis sejati dengan penulis pemula. Masalahnya, dimanakah kita bisa menemukan sumber inspirasi itu? Sumber pertama inspirasi adalah Al=Qur’an.

Dalam bedah novel Ayat-ayat cinta di Fakultas Teknik UGM, penulisnya Habiburrahman El-Shirazy, mengaku seringkali mendapatkan inspirasi bagi bahan tulisannya pada saat membaca Al-Qur’an. Bahkan ada permulaan kalimat dalam tulisannya yang terilhami oleh sebuah ayat. Penulis “Best SellerKupinang Kau Dengan Basmalah, M. Fauzil Adhim, juga terinspirasi oleh Surat Ar-Rahman dalam karya-karyanya.

Taufik Ismail yang juga seorang penyair, menulis lagu untuk dinyanyikan Chrisye. Lagu tersebut terinspirasi dari Al-Qur’an, tepatnya surat Yasin Ayat ke 65, yang ebrbunyi “Alyauma nakhtimu ‘alaa afwalihim, wa tukallimuna aidhihim, wa tasyhadu arjuluhum bimaa kaanu yaksibuun”. Maknanya, “ pada hari ini kami akan tutup mulut mereka, dan tangan mereka akan berkata kepada kami, dan kaki mereka akan bersaksi tentang apa yang telah dilakukan” makna yang terdapat dalam hari pengadilan akhir sangat dalam hingga Taufik Ismail member judul lagu itu “Ketika tangan dan kaki berkata” saat Chrisye berlatih di kamar untuk menyanyikan lagu ciptaan Taufik Ismail tersebut, ia berulang kali menangis padahal lagu tersebut baru berjalan dua baris. Di sini saya akan coba  menuliskan lirik lagu yang dibuat oleh Taufik Ismail yang terkandung kekuatan spiritual dahsyat dari Surat Yasin ayat ke 65, yang mampu membuat penyanyi dan pendengarnya benar-benar tercekam dan menggetarkan, sebelumnya saya mohon maaf jika ada lirik lagunya yang salah atau ketinggalan ^_^

 

 

“Ketika Tangan dan Kaki Berkata”

Lirik       : Taufik Ismail

Lagu       : Chrisye

Akan datang hari mulut dikunci

Kata tak ada lagi

Akan tiba masa tak ada suara

Dari mulut kita

 

Berkata tangan kita

Tentang apa yang dilakukannya

Berkata kaki kita

Kemana saja dia melangkahnya

Tidak tahu kita bila harinya

Tanggung jawab tiba

 

Rabbana,

Tangan kami, Kaki kami

Mulut kami, Mata hati kami

Luruskanlah, Kukuhkanlah

Di jalan cahaya… sempurna

 

Mohon karunia kepada kami

Hambamu yang hina

Habiburrahman El-Shirazy juga mendapat inspirasi tulisannya dari Surah Az-Zukhfuf Ayat 67 dan Surah Yusuf, yang di dlamnya terdapat kisah cinta yang universal dan sangat indah. Tidak hanya itu, ayat Al-Qur’an lainnya seperti Surah Ar-Rahman juga telah mengilhami beberapa tulisannya. Al-Qur’an memang sumber inspirasi terbesar bagi karya-karya novelis yang akrab disapa Kang Abik tersebut.

  •  Dari Hasil Membaca

Salah satu cara untuk membuat inspirasi-inspirasi mengalir ke dalam diri kita adalah membaca dengan target dan tujuan khusus, yaitu membaca untuk menyelami pemikiran-pemikiran baru. Hal ini sering dibutuhkan saat menulis biasanya adalah pemikiran dan pandangan orang lain. Ide-ide dan pemikiran tokoh inilah yang kelak dibutuhkan untuk memperkaya khazanah tulisan kita nantinya.

Setelah membaca, langkah bijaknya adalah mencatat ide dan pemikiran tokoh tersebut agar tidak lupa, seperti kata pepatah “The palest ink is better than the best memory” (tinta yang kabur sekalipun akan lebih baik daripada memory yang tajam)

sekarang sudah pada tau kan sumber inspirasi itu bisa didapat dimana saja dan kapan saja,jadi hapus  bahasa Anda yang mengatakan “ aku tidak bisa menulis dan tidak pandai menulis “ dan yang paling utama jadikanlah Alqur’an sebagai sumber inspirasi terbaikmu.

Selamat Berkarya

Semoga Bermanfaat

Wassalamiu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh…

Salam Ta’zim, Syukran katsir…..,

Alhamdulillah washolatu wassalamu ‘ala Rosulillah

Balai Jaya – Riau ,  Minggu, 29 Juli 2012, Pukul  :  22.42

Tag:, , , , ,

About SMK Widya Karya Balai Jaya

Bersama Menuju Masa Depan Kita Bisa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan kecil hendri

Blog ini akan segera di hapus , kunjungi website baru kami di http://hendri.wc.lt

Irfan Handi

Hanya Ingin Berbagi

KKPI SMK Gondang

Menuju Perubahan Yang Lebih Baik

:: tukangcoret ::

Mencoret Lebih Mulia Dari Pada Melamun

Jhonwilson's Tambunan

Just another WordPress.com site

Panduan Tidak Resmi Wordpress.com

Ini dibuat untuk membantu blogger pemula di wordpress.com

CrCn Blogs

Education, News, Politics, download, Tips & Tricks, Other

Akimlinovsisa's W.P

"Bekerja cerdaslah daripada bekerja keras" "Senjata yang paling ampuh dalam hidup ini adalah SOPAN SANTUN"

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: