Jadikan Ramadhan Mengukuhkan Ukhuwah (ST)


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

Alhamdulillah tak terasa hari ini sudah masuk Ramadhan yang ke 10 dan ke 11, mengapa saya katakan Ramadhan yang ke 10 dan ke 11, yaahh.. memang seperti itulah adanya, perbedaan-perbedaan yang ada diantara kaum muslimin saat ini memang sudah menjadi paradigma, tetapi hal itu jangan sampai memupuskan indahnya ukhuwah di antara kita.

Dalam hidup ini, persahabatan, persaudaraan dan ukhuwah adalah nikmat yang sangat mahal. Jiwa boleh sakit, darah, air mata dan peluh boleh mengucur. Semuanya tidak mampu memupus nikmat persahabatan, persaudaraan, dan ukhuwah di jalan-Nya. Ia anugerah dan karunia Allah yang besar dan hanya dirasakan oleh kaum beriman yang saling memelihara persaudaraan karena Allah . Lillah… semata mata.

Ukhuwah yang terwujud bukan atas dasar ikatan darah, suku, golongan atau kelompok melahirkan sikap lemah lembut dan berusaha menjaga hubungan baik dengan teman seperjalanan dengan penuh ketulusan, ikhlas tanpa pamrih, lantaran mengharapkan keridhoan Allah . Persahabatan dan ukhuwah yang tulus menjadi perhiasan di kala bahagia dan pelindung di kala sulit. Ikatan persahabatan dan ukhuwah menjadi kuat, hanya ketika hati dan jiwa terikat dengan ikatan Allah . Persahabatan, persaudaran dan ukhuwah yang tidak sepenuhnya semata mata karena Allah , sesungguhnya sangat rapuh dan akan punah. Ukhuwah lillah bahkan mengantarkan seseorang ke surga Nya.

Allah mengajarkan untuk saling tawashau bil haq watawashau bishshobr, sebagaimana dikuatkan oleh Rasulullah Addiinu Nasiihah. Islam mengajarkan adab adab thalabul ‘ilmi, mengormati yang tua, menyayangi yang muda, menghormati dan memuliakan ulama. Islam mengingatkan buruknya perbantahan, perdebatan dan perselisihan. Semua pengajaran ini telah diterapkan menjadi contoh nyata dalam kehidupan oleh Rasulullah, para sahabat dan Tabi’in serta yang mengikutinya.

Seorang manusia akan tetap berbeda pendapat karena mereka memang berbeda dalam hal pemahaman dan akal. Mereka berbeda pengetahuan dan pengalaman, perasaan dan pandangan. Oleh itu, pasti ada perbedaan dan perselisihan. Yang diperlukan adalah bagaimana seseorang memandang yang dianggapnya tidak benar untuk diberi masukan dengan baik. Dalam suasana kasih sayang dan cinta. Para sahabat Rasulullah SAW menyelesaikan suatu masalah melalui musyawarah dan saling menasehati. Memelihara kedekatan, kebersihan niat dan persaudaraan dalam agama.

Berkata Ibnu Abbas Radhiallahu anhu: Mengunyah garam dalam sebuah jama’ah masih lebih baik daripada memakan puding dalam perpecahan.

Baginda Rasulullah selalu mengajarkan kita untuk saling berkasih sayang bukan untuk saling mengolok-olok saudaranya, bukan untuk saling mencaci maki, dan bukan untuk berkata kasar kepada saudaranya, kita semua mengetahui hal tersebut tetapi dalam realitanya terkadang kita terperangkap dalam jerat syetan yang selalu menggoda, mengajak dan menggelincirkan manusia untuk saling bermusuhan, saling mencaci maki, menanamkan sifat benci dan dendam dihati, itulah pandainya syetan untuk memecah belah manusia, sekarang tergantung pada diri kita sendiri bisa atau tidak mengontrol semua hal tersebut, disadari atau tidak, syetan sudah berhasil memperdaya diri kita, sehingga timbullah rasa benci diantara kita. Semoga  Allah  melembutkan hati kita, memasukkan kita diantara hamba-hambanya yang penuh kerendahan hati.

Mari dengan semangat Ramadhan, kita gugah hati dengan nya untuk lebih membersihkan hati, dan saling memaafkan, Karena tiada yang lebih indah antar sesama muslim kecuali dengan ukhuwah… semoga Allah tetap mengokohkan ukhuwah kita… Allahumma Aamiin…

Salam Ukhuwah Fillah… ^_^

Barokallahufiekum…,

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh..

Balai Jaya-Riau,

Senin, 30 Juli 2012 Pukul : 05.03 Ba’da Shubuh

Alhamdulillah Wassalatu Wassalamu’ala Rosulillah

Tag:, , , , ,

About SMK Widya Karya Balai Jaya

Bersama Menuju Masa Depan Kita Bisa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan kecil hendri

Blog ini akan segera di hapus , kunjungi website baru kami di http://hendri.wc.lt

Irfan Handi

Hanya Ingin Berbagi

KKPI SMK Gondang

Menuju Perubahan Yang Lebih Baik

:: tukangcoret ::

Mencoret Lebih Mulia Dari Pada Melamun

Jhonwilson's Tambunan

Just another WordPress.com site

Panduan Tidak Resmi Wordpress.com

Ini dibuat untuk membantu blogger pemula di wordpress.com

CrCn Blogs

Education, News, Politics, download, Tips & Tricks, Other

Akimlinovsisa's W.P

"Bekerja cerdaslah daripada bekerja keras" "Senjata yang paling ampuh dalam hidup ini adalah SOPAN SANTUN"

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: