Dibalik Mimpi (ST)


Dalam mimpi itu aku bertemu dengan seorang perempuan setengah baya dengan wajah yang samar-samar menangis dihadapanku dan memanggil-manggil namaku. Dan seorang lagi gadis berjilbab hijau,ia merintih kesakitan,tapi wajahnya hanya merunduk hingga ku tak dapat mengenalinya.

Ane benar-benar bingung,apa kira-kira arti mimpi ane itu” Tanyaku pada taufik perihal mimpiku kemarin malam.

“tak usah terlalu dipikirkanlah akhi,mungkin mimpi antum itu hanya bunga tidur saja yang tidak memiliki arti. Atau malah mimpi itu datangnya dari jin atau setan” ujar taufik.

“ah antum ada-ada saja. Sebelum tidur ana terlebih dahulu berwhudu’ dan membaca doa sebagaimana mestinya. Ane juga membaca surat Al-Fatihah. Sebagaimana Al-Hafizh Abu Musa, dalam kitabnya,menyebutkan sebuah hadits dari Abi ‘Imran Al-Juwani,dari Anas,dari Nabi saw.,bahwasanya beliau berkata, “Apabila seorang hamba berbaring di atas tempat tidurnya dan membaca Bismillah dan Al-Fatihah,maka dia aman dari kejahatan jin,manusia,dan segala sesuatunya. Jadi tidak mungkin mimpi itu datangnya dari setan ataupun jin. Karena mereka tidak akan bisai menganggu bahkan masuk ke mimpi seseorang yang sebelum tidur terlebih dahulu membacakan ayat-ayat Allah.

Ane juga tidak lupa membaca ayat kursi dan membaca surat Al-A’raf ayat 54 seperti kisah yang dituturkan oleh Imam Ibn Al-Qayyim dalam kitabnya yang sangat bagus yakni Al-Wabil Ash-Syayyib min Al-Kalim Ath-Thayyib. Dari Ibrahim ibn Al-Hakam,dari ayahnya,dari ‘Ikrimah,katanya,”suatu ketika ada seorang laki-laki musafir bertemu dengan orang yang sedang tidur,dan musafir itu melihat beberapa setan di samping orang yang sedang tidur itu.

Lalu dia mendengar salah satu di antara setan-setan itu berkata kepada kawannya, ‘pergilah,dan rusaklah kalbu orang yang sedang tidur itu, ‘ketika setan tersebut mendekati orang yang sedang tidur itu,maka ia segera kembali menemui kawannya dan berkata, ‘dia tidur dengan membaca ayat-ayat yang menyebabkan kita tidak dapat menganggunya.’ Kawannya segera mendekati orang yang tidur itu,kemudian kembali lagi dan berkata kepada kawannya, ‘benar apa yang kau katakana.’ Kemudian setan itu pergi dari tempat itu.”

“Musafir itu lalu membangunkan orang yang tidur itu dan menceritakan ulah setan-setan yang dilihatnya,lalu dia berkata, “Ajarkan kepadaku ayat-ayat yang engkau baca sebelum tidur.” Orang itu menjawab bahwa ayat-ayat yang dibacanya adalah surat Al-A’raf ayat 54:

sesungguhnya Tuhanmu ialah Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa,lalu Dia bersemayam di atas ‘Arasy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat,dan (diciptakan-Nya pula) matahari,rembulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah,menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah, Mahasuci Allah, Tuhan semesta alam” fadhil menjelaskan panjang lebar.

“benar yang akhi katakan. Tapi  ana  juga sama sekali tidak mengerti apa arti mimpi antum.

“kalau masalah itu cuma antum yang tau”sambung taufik lagi.

Aku semakin penasaran dengan mimpku itu. Sudah tiga kali aku memimpikan hal yang sama.Aku benar-benar tidak memiliki bayangan sedikit pun siapakah perempuan setengah baya yang masuk kedalam mimpiku. Ataukah benar mimpi itu hanya bunga tidur yang sama sekali tidak memiliki arti apapun? Ah entahlah..

***

Selepas ba’da maghrib,ku rebahkan tubuhku diatas kasur, tiba-tiba hp ku berdering tanda pesan masuk. Langsung kuraih hp ku dan kubuka ternyata sms dari Alfira.

“ketika dunia menjadi gelap disekitar kita, ketika kita merasa kesepian dalam kesendirian kita mengingat cahaya persaudaraan yang ikhlas tulus karena Allah,disaat yang seperti itulah  kita dapat tersenyum menyadari bahwa kita tidak sendirian,mereka dekat dengan kita dilubuk hati yang terdalam..”

Benar kata-kata Alfira bahwa kita tidak sendirian, masih banyak orang-orang yang menemani dan memperhatikan kita meskipun tanpa kita sadari.

aku tau Alfira adalah gadis yang baik meskipun kami baru sekali bertemu. Dialah sahabatku.Ah..Alfira kapankah Allah akan mempertemukan kita.. kami hanya tau kalau kami sama-sama satu halaqoh.

Hp ku kembali berdering tanda pesan masuk,langsung kubuka,dari Alfira lagi.

“Sahabatku dengarkanlah aku..!

jika esok aku bahagia ataupun berduka tetaplah kau disampingku.Seperti apapun diriku dan hidupku terimalah keadaanku.Jika esok kubersalah padamu maklumlah padaku. Jika esok kujatuh sakit doakanlah aku. Dan jika esok ku telah tiada maafkanlah semua kesalahanku,karena ku tak tau kapan Tuhan memanggilku kembali pada-Nya,sebelum itu terjadi,kuingin kau tau bahwa kusangat bahagia memiliki sahabat sepertimu,meskipun kita tak pernah bertemu”

Aku membaca kata perkata dengan saksama. Apa maksud Alfira? Aku jadi bingung bercampur khawatir. Ada apa dengan Alfira??? Duh Rab mudah-mudahan dia baik-baik saja.

Aku langsung membalas sms nya menanyakan keadaannya, namun tak juga ada balasan, kucoba menghubungi nomornya,ternyata nonaktif.

Duh ada apa denganmu sahabatku???

***

tiba-tiba aku teringat sesosok perempuan yang sangat berarti dalam hidupku. Ya..dialah ibu. Sedang apa ibu saat ini? Bagainya kabarnya? Sudah lama aku tidak memberi kabar pada ibu. Aku sangat merindukannya.

“ya Allah,limpahkanlah selalu kasih sayang-Mu padanya” tak terasa air mataku meleleh.

Sampai saat ini ibu sama sekali belum tau apa masalah yang aku hadapi sampai pada akhirnya aku memutuskan untuk pergi meninggalkan rumah dan mondok dipesantren Nurul Qur’an ini,meskipun pada awalnya hati ku masih ragu dan belum yakin,tapi aku benar-bena ingin melupakan masa lalu itu.

mulanya aku tidak betah tapi karena rasa kekeluargaan yang sangat kuat dilingkungan pesantren aku jadi betah.

Aku tak tau bagaimana perasaan ibu jika tau masalahku sebenarnya. Ibu pasti sangat terluka jika tau bahwa anaknya adalah seorang pengedar sekaligus pemakai obat-obatan terlarang, bahwa aku selalu menghalalkan segala cara antuk mendapatkan uang dengan cara yang instan. minum-minuman keras sudah hal yang biasa bagiku.

“ya Allah, jiwa apa yang selama ini sudah menguasai diriku,sehingga aku sama sekali melupakan-Mu. Bagaimana bisa selama ini aku gunakan waktuku untuk hal yang sia-sia? Untuk hal-hal yang justru menjauhkan aku dari-Mu, dari cinta-Mu. Dari belaian kasih-Mu. Tapi dibalik itu semua aku merasakan kalau Allah sungguh sangat menyayangiku,Allah menunjukiku jalan untuk dapat mengenalnya,untuk dekat dengannya.

Duh Rab tuntunlah aku selalu kejalan-Mu.

Tapi aku yakin ibu pasti bangga jika melihat perubahanku sekarang. Aku bukanlah Fadhil yang dulu lagi yang menghabiskan waktu dengan hal yang sis-sia.

assalamu’alaikum…” tiba-tiba suara taufik masuk membuyarkan lamunanku.

wa’alaikumsalam…” jawabku.

antum, dipanggil ustadz Qardawi sekarang juga,ada telpon untuk antum

langsung saja aku bergegas menemui Ustadz Qardawi, ternyata yang menelpon adalah ayah dan ayah memberi pesan pada Ustadz Qardawi agar aku segera pulang secepatnya,ibu ingin bertemu.

Beribu pertanyaan bergumul dibenakku. “Ada apa dengan ibu ???”

Selepas ba’da shalat isya aku langsung mengemasi barang-barang seperlunya dan bergegas berangkat pulang.

Sesampainya dirumah, ternyata ibu sedang sakit keras,dan ia hanya bisa menangis  dan memanggil namaku. Aku langsung memeluk ibu penuh kerinduan. Ibu mengusap-ngusap kepalaku, kurasakan kasih sayang ibu yang sangat kurindukan.

Sekarang baru kutemukan jawaban dari rasa penasaranku atas mimpi itu, ternyata perempuan setengah baya itu adalah ibu. Tapi siapa gadis berjilbab hijau itu ???

Beberapa hari kemudian baru kuketahui bahwa, Alfira ternyata sudah beberapa hari ini dirawat dirumah sakit. Namun kami belum juga dapat berjumpa. Meskipun demikian selaksa doa tetap kupanjatkan untuknya. Semoga Allah memberi kesembuhan dan keberkahan umur padanya. Tapi apakah Alfira Gadis berjilbab hijau itu ??? Biarlah waktu yang akan menjawab.

***

Alhamdulillah washalatu washalamu ‘ala rasulillah

Selesai, 14 Juli 2008 pukul : 12. 15 tengah malam

Tag:, , ,

About SMK Widya Karya Balai Jaya

Bersama Menuju Masa Depan Kita Bisa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan kecil hendri

Blog ini akan segera di hapus , kunjungi website baru kami di http://hendri.wc.lt

Irfan Handi

Hanya Ingin Berbagi

KKPI SMK Gondang

Menuju Perubahan Yang Lebih Baik

:: tukangcoret ::

Mencoret Lebih Mulia Dari Pada Melamun

Jhonwilson's Tambunan

Just another WordPress.com site

Panduan Tidak Resmi Wordpress.com

Ini dibuat untuk membantu blogger pemula di wordpress.com

CrCn Blogs

Education, News, Politics, download, Tips & Tricks, Other

Akimlinovsisa's W.P

"Bekerja cerdaslah daripada bekerja keras" "Senjata yang paling ampuh dalam hidup ini adalah SOPAN SANTUN"

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: