Pengenalan Hardware Pada Komputer (PC) Desktop


Hardware (perangkat keras) adalah komponen pembentuk sebuah komputer secara fisik. Melalui Blog SMK Widya Karya Balai Jaya ini kita akan membahas hardware yang terdapat pada komputer PC tipe desktop, mengapa ? karena komputer jenis ini paling banyak digunakan masyarakat.

Komputer PC ialah salah satu jenis komputer yang saat ini paling banyak digunakan dalam suatu instansi perkantoran maupun lembaga pendidikan. Hardware komputer PC terdiri dari beberapa komponen utama seperti Processor, Motherboard/Mainboard, RAM ( Random Access Memory ), HARDDISK (hard-drive), Optical driver, Power supply dan Casing, serta perangkat-perangkat tambahan lainnya.

  • Processor

Processor adalah sebuah komponen yang berupa IC ( Integrated Circuite ) yang mengontrol keseluruhan lalu lintas sebuah sistem komputer, sehingga dikenal sebagai otak atau pusatnya komputer.

Terdapat beberapa jenis processor yang terdapat di Indonesia, yaitu Intel, AMD, Cyric, VIA dan IDT. Namun saat ini processor yang paling banyak digunakan dalam komputer PC hanya Intel dan AMD.

  • Motherboard

Motherboard adalah pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya. Motherboard mengatur pembagian daya listrik pada setiap komponen PC.

Jenis motherboard yang banyak digunakan pada komputer PC di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Full-ATX

Motherboard full ATX biasanya mempunyai ukuran 305 mm x 244 mm dan tidak memiliki VGA onboard, tetapi menyediakan slot-slot Peripheral Component Interconnect (PCI) dan RAM.

  • Micro ATX

Motherboard micro ATX biasanya mempunyai ukuran 243.8 mm x 243.8 mm. Dilihat dari ukurannya, motherboard micro ATX lebih kecil dari motherboard full ATX. Pada micro ATX ( jumlah slot PCI hanya 3 buah dan slot RAM 2 buah ) dan biasanya motherboard jenis ini menyediakan sebuah VGA onboard, yang artinya kita tidak perlu memakai VGA add-on  ( kartu VGA ).

  • Memori atau RAM

RAM berfungsi sebagai ruang untuk mengolah data dan instruksi yang ditulis atau dibaca oleh processor dan bersifat sementara. Apabila komputer dimatikan, maka data yang sebelumnya tersimpan pada RAM tidak akan tersempan. Terdapat beberapa jenis RAM pada komputer PC diantaranya adalah SD-RAM, DDR-SDRAM, DDR2 dan DDR3.

  • Synchronous Dynamic Random Access Memory ( SD-RAM )

Memori jenis ini sudah sangat jarang digunakan. Terakhir digunakan pada komputer dengan processor Pentium 3 dan Pentium 4 awal. Ciri khas dari fisik RAM ini adalah dengan adanya dua cekungan pada bagian bawah.

  • Double Data Rate SD-RAM ( DDR SDRAM )

Double Date Rate SDRAM ialah generasi setelah SD-RAM. Kapasitasnya dimulai dari 128 MB, 512 MB dan 1.024 MB. Ciri khas dari fisik RAM ini adalah dengan adanya satu cekungan pada bagian bawah.

  • Double Data Rate Two Synchronous Dynamic Random Access Memory ( DDR2 SDRAM )

DDR2 kecepatannya dua kali lipat dibanding DDR dan tegangannya lebih kecil. Ciri khas dari fisik RAM ini adalah dengan adanya satu cekungan pada bagian bawah. Kapasitas DDR2 ini bervariasi dimulai dari 256 MB, 512 MB, 1.024 MB atau 1 GB dan 2.048 MB atau 2 GB.

  • Double Date Rate Three Synchronous Dynamic Random Access Memory ( DDR3 SDRAM )

DDR3 SDRAM adalah RAM berkecepatan tinggi yang berfungsi untuk menyimpan data ketika komputer sedang bekerja. RAM jenis ini banyak dipakai pada laptop. Beberapa keunggulan DDR3 SDRAM dibandingkan DDR2 SDRAM antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Mempunyai bandwidth yang lebih tinggi dibandingkan generasi pendahulunya.
  2. Kecepatan efektif memori dapat mencapai 1.866 MHz ( sampai tahun 2008 ).
  3. Lebih hemat energi dan performanya lebih bagus. Dapat memperpanjang waktu pemakaian komputer karena energi listrik pada baterai tidak cepat habis.
  4. Dilengkapi desain sistem pendingin ( cooler ) yang lebih bagus.
  5. Memiliki ciri fisik bentuk yang aero-dinamic satu dengan cekungan pada bagian bawah.

Tag:, , , , ,

About SMK Widya Karya Balai Jaya

Bersama Menuju Masa Depan Kita Bisa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan kecil hendri

Blog ini akan segera di hapus , kunjungi website baru kami di http://hendri.wc.lt

Irfan Handi

Hanya Ingin Berbagi

KKPI SMK Gondang

Menuju Perubahan Yang Lebih Baik

:: tukangcoret ::

Mencoret Lebih Mulia Dari Pada Melamun

Jhonwilson's Tambunan

Just another WordPress.com site

Panduan Tidak Resmi Wordpress.com

Ini dibuat untuk membantu blogger pemula di wordpress.com

CrCn Blogs

Education, News, Politics, download, Tips & Tricks, Other

Akimlinovsisa's W.P

"Bekerja cerdaslah daripada bekerja keras" "Senjata yang paling ampuh dalam hidup ini adalah SOPAN SANTUN"

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: